THE DELIVERY STAGE

Oleh: Boyke ( diambil dari berbagai sumber )


Dalam kenyataan terkadang kita semua justru pernah mengalami beberapa skenario seperti ini……

Saya baru saja berkunjung ke sebuah perusahaan yang memiliki prospek cukup besar untuk menunjang penjualan selama ini.
Segala jenis layanan telah dipaparkan, harga sangat kompetitif diantara kompetiter. Ditambah discount yang menarik
Tiba-tiba hand phone saya berdering, “ hallo…selamat siang pak boy, saya dari PT. Yapindo Transportama mencoba mengirimkan beberapa paket saya, bisa dijemput?”
Dengan senang hati saya menjawab, oh tentu…sebentar petugas kita akan datang ke perusahaan Ibu. Dalam benak saya, “oh..this is a new big customer”.

Selang dua hari si penerima ditujuan, menanyakan bahwa dia belum menerima kiriman dari Denpasar. Padahal paket tersebut digunakan untuk alat oprasi untuk pasiennya.

PT. Yapindo Transportama mulai meragukan kesungguhan saya atas segala layanan yang ditawarkan.

Hingga akhirnya paket tersebut baru sampai pada hari yang ke enam. Dengan amat kesal seorang manager PT. Yapindo Transportama berkata, “ dulu ngemis-ngemis minta kiriman, sekarang kita diperlakukan seperti ini. Janji katanya mau menghubungi saya, bagaimana status kiriman saya, eh….malah saya lagi yang menghubungi kantor anda. Belum lagi saya di oper sana sini. Dengan si inilah dengan si itulah!!!”
Surat permohonan maaf dari saya dirobek-robek, dibuang ditong sampah. Mungkin sekalian dengan uang recoverynya.

Sebagai seorang tenaga penjual, tentu kita menginginkan excellent disetiap tahap Sales Process. Semakin baik kita disetiap tahap, semakin baik kinerja kita sebagai tenaga penjual. Disini saya hanya menekankan pada proses yang paling mendebarkan. Yaitu Delivery.

Tahap Delivery merupakan tahap yang sangat penting sebab ini adalah tahap perubahan status :
- dari prospect menjadi customer/clint
- dari sales person menjadi business partner/reliable friend
- dari selling to the prospect menjadi serving the customer
- dari promising to deliver menjadi delivering the promise

Ini adalah tahap di mana pelanggan mendapat “pengalaman pertama”( kesan pertama ) dari kualitas pelayanan kita dan perusahaan.

Ini adalah tahap dimana pelanggan merasa, “Yes, you and your company are reliable and would be a good long term business partner”, atau tahap dimana pelanggan menarik nafas dan berkata dalam hati, “ Oh PCP! Here is the beginning of my headaches! I wish I had not bought from them!”

Oleh karena itu, tahap Delivery adalah kesempatan “pertama” bagi perusahaan ( dan tenaga penjualnya ) untuk menunjukkan seberapa besar tanggung jawabnya ( tidak bertanggung jawab ) kepada pelanggan dalam membuktikan janji-janjinya!


*Sudah pernah dimuat di PCP News*



28 komentar:

  1. kadang klien itu gak mau tau yang dia tau pokoknya cepet nyampe dan aman gak ada yang rusak padahal prosedurnya panjang... kadang2 saya jg kesal kalo kiriman saya gak sampe2 hehehe...

    BalasHapus
  2. baru tahu dengan benar jika susunan atau strukturalnya gitu. kirain dari prospek langsung promising..

    BalasHapus
  3. om...apakah barang yg kita kirim dengan nominal besar dan pake insurance dijamin ga bakal hilang ???...karena sudah beberapa kali kantor kita kirim dengan prosedur diatas tetep aja hilang... (share aja)

    BalasHapus
  4. Nah ini nih...aku selalu berhubungan dengan delivery kaya gini...
    Apalagi aku diluar jawa..untuk barang2 tertentu ribetnya memang minta ampun...kadang ya sebel juga sih kalo ngga nyampe2..heheheh

    BalasHapus
  5. Mc Donald bilang begini: "Puaskan customer dan biarkan uang mengikutimu".

    BalasHapus
  6. wah bisa jadi pelajaran yang amat berharga tuh, mas. biar gak terulang laen kali gt!

    BalasHapus
  7. Suami saya kapok pake PCP soalnya pernah ngirim dokumen penting untuk client, janjinya sehari sampe. Masak Jakarta-Tangerang sampainya 4 hari! Gimana dunk????

    BalasHapus
  8. wuaaaaah trus piye tuh.. ad penggantian dunk mas? nggak enak bgt rasanya ya..bentar..ak kenal org PCP yg di bandara..duh sp ya..ak lupa je..hihi

    BalasHapus
  9. waduhhhhhhhhhh isu bagus neh, ck..ck..ck.cck...ck...
    menambah antrean panjang pelayanan buruk bagi masyarakat. heheheheh

    BalasHapus
  10. waaach...kalo gw slalu dapet pelayanan extraa..dari beberapa cargo...discount..n terkdang boleh krim atas nama bosx..biar gratis... yah mo gimana lagi..nasib baik selalu berpihak pada yang baik..(deeeuuu...) hakakak..
    terutama PCP..baru kenal aza boleh ngutang hakakakak....mana mas ..no.rek..x..hiks..jd maluu..

    BalasHapus
  11. tahapan promosi produk atau jasa kayaknya berakhir setelah delevery ini ntah dalam bentuk apapun sesuai dengan framework yang sudah diplanning super yoi, luput dari detil sekecil apapun kadang bisa berakibat penurunan interest si klien to calon klien... wewww...[nyambung kagak yak!!] xixixixixiixix

    BalasHapus
  12. waahh saya nggak bisa nyimpulin, ini masalah mental dan juga masalah bersikap bijak kayaknya deeh...!!

    BalasHapus
  13. Sangat disayangkan jika kejadiannya seperti itu. tetapi didalam sebuah bisnis, satu kegagalan bisa menjadi titik tolak untuk sebuah perbaikan total. Semoga itu sudah benar-benar menjadi bagian dari masa lalu.

    Sukses buat Anda ^_^

    BalasHapus
  14. wah kejadian sangat tidakk diharapkan ya.. sampe di robeK gt.

    BalasHapus
  15. Segala sesuatu yang "pertama" selalu memberikan kesan yang mendalam, memegang peranan kunci bagi konsumen untuk meneruskan "kerjasama" atau tidak.

    "Persinggungan" pertama harus dimanfaatkan produsen/penyedia jasa untuk "memikat" calon konsumen.

    BalasHapus
  16. Urusan sama klien memang selalu repot, kadang meski kita udah memberikan servis habis2an mereka masih kurang puas dan banyak nyela, apalagi buat klien yang emang "cerewet". Ini juga sering terjadi di dunia saya kok mas, saya pernah dikomplain habis2an oleh klien Photo saya, dia tidak puas dengan paket yang dia terima, ya sudah terpaksa saya kasih bonus2 buat menyumpal mulut si kliean cerewet itu. Akhirnya dia ngasih Job lagi...hahahaha

    BalasHapus
  17. ikutan komen aja ah...............

    BalasHapus
  18. numppang mampir sambil salam kenal aja ach..

    BalasHapus
  19. bisnis saya juga di jasa, tepatnya freight forwarder..saya bisa memahami kekecewaan client anda. saya juga pernah mengalami kejadian yang sama. malah kadangkala bisa delay lebih dari 2 minggu. dibutuhkan kesabaran yang luar biasa menghadapi client yang lagi kecewa.
    tetap semangat ya

    BalasHapus
  20. wah, tuh klien galak banget ya. sekesal apapun ya..jangan dirobek2 gitu dong. gak sopan gitu.

    BalasHapus
  21. hyuhh.... susahnya nyari duit yaw... sesusah mbalikin telapak kaki.. wak..wak..wak.. *gimana caranya mbalikin telapak kaki*.
    Pengalaman yang bagus..

    BalasHapus
  22. Bagus nih, buat pelajaran dalam berbisnis :)

    BalasHapus
  23. wah pelajaran sangat berharga neh om...
    thanks for share

    BalasHapus
  24. terkadang klien itu tak mau tau yang dia tau pokoknya cepet nyampe dan aman gak ada yang rusak padahal prosedurnya panjang... kadang2 saya jg kesal kalo kiriman saya gak sampe2 ...
    namun kalau kita pikir kasian yah mereka gmana kalau posisi mereka kita yang alami...???

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus