kurang lebih 12 jam

“Ayo pulang kampung ,” demikian kata sahabatku diatas trotoar pangkalan ojek malam-malam setelah hujan mendera sejak pagi. Setelah sakit, aku dan yang mereka derita oleh angin akhir-akhir ini tak teratur hembusannya.

Anak, istri serta bulan yang muncul dalam hatinya tak kunjung memberi pengertian, tak pernah mengatakan “ya, aku setuju!” Bulan yang memerah menjelang tidur begitu lekat harapan hidup bersama. Seperti percintaan dua hati dalam hatinya disepanjang musim sekaligus membinasakannya. Diakhir waktu tatapannya semakin hampa, hampir tak pernah menyapaku.

Hatinya telah luka oleh hatinya yang lain. Dia sedang bercinta dalam hatinya.
Percakapanpun menjadi kacau, mulai dari halaman rumah, ranting pohon bunga, burung-burung yang enggan berkicau, fajar yang semakin menyengat, hingga embun tak lagi membekas.

“Pulang kampung, pulanglah kepada Ibu”. Demikian kataku, kurang lebih 12 jam aku merindukannya, untuk sekedar menyela mungkin hanya 12 tahun setelah terjaga menjelang siang hari dan hitungan benar-benar sempurna.



35 komentar:

  1. benar2 12 jam waktu yg sangat singkat bagi kita manusia...

    BalasHapus
  2. wah jadi pengin pulang kampung makan mendoan sama lotek yummy makanan terenak di dunia mengalahkan humburger sama pizza.... dan sehat...

    BalasHapus
  3. ayooo
    aku juga mau pulkam nihh..
    kangen sama masakan ibu dan pantai teleng ria..

    BalasHapus
  4. wah mas mau pulang kampung... wahhh salam aja deh [salam ke siapa ji???] tau??? ya pokoknya selamat jalan met pulang kampung

    senoaji

    BalasHapus
  5. wah..aku baru pulkam neh..hehehe
    ketemu oarng tua and keluarga..

    BalasHapus
  6. kerinduan untuk pulang kampung sangat mungkin muncul dari hasrat untuk merngkuh identitas yang selama ini melakat, tapi sebentar2 ditinggalkan....

    BalasHapus
  7. EVERYBODY have ever felt homesick and EVERYBODY wants "SOMEDAY" have to comeback but it doesn't mean with nothing, who doesn't want bring "SOMETHING" usefull to make HAPPY family's homeTOWN ...

    BalasHapus
  8. kangen masakan nyokap...ikan teri hahah..

    BalasHapus
  9. Aduh,.... jadi pingin pulang kampung nich!
    Pingin santai & refreshing...sambil bernostalgia saat-saat masih sekolah (saat msh pake putih abu2, saat masih byk yg suit2 in hehe)

    BalasHapus
  10. semesta mengajarku berdoa
    semesta mengajakku ke ibu
    ...

    BalasHapus
  11. Hmm.. saya tidak punya kampung, hehe..

    Dilahirkan dalam keluarga yg sudah campur2
    suku bangsanya, maka tanah air-ku ya Indonesia
    dan rumahku ya di Jakarta.

    (^_^) Demikianlah maka si Kampoeng Besar Jakarta
    menjadi kampungku. Ah, ternyata itu dia: itulah
    kampungku (^_-)

    BalasHapus
  12. pulang adalah merindu... aduh kok mirip post ku ya..huhuhu

    BalasHapus
  13. jadi kangen ma kampung halaman...
    ma keluargaku tersayang...huhuhuhu

    BalasHapus
  14. aduh... kau ingat saat seminggu lalu aku di jakarta, aku kangen banget ama Bali. ternyata ga ada yg lebih enak hidup di tanah sendiri yahhhh, cinta Bali

    BalasHapus
  15. soundtracknya "Let my go home" by michael buble.. pas banget!

    BalasHapus
  16. senengnya yg masih didampingi ibu

    BalasHapus
  17. saya udah lama nih nggak pulang kampung..

    BalasHapus
  18. pulang kampung yukkk..aku juga udh pingin bgt plg nihh...rindu akan tanah kelahiran

    BalasHapus
  19. saya malahan lagi gak pengen pulang....
    huhuhuhuhu......
    tp kalo dah lama gak pulang, pasti kangen banget yah ^_^

    BalasHapus
  20. kalo gua lagi ndak pengen pulang kampung karena dimintain duit melulu sama keponakan2 , lagian tiketnya mahal..

    BalasHapus
  21. wah... masih 12 jam nih mas... masih pulang kampung ya mas???

    BalasHapus
  22. Selamat berpulang kampung, halahh..

    BalasHapus
  23. 12 jam terlalu banyak untuk aku :)

    BalasHapus
  24. met val day yah kang moga tambah segala -galanya deh amin amin amin ya robal alamin

    BalasHapus
  25. wew, jadi kangen ma ibu tersayang, hehehehe

    BalasHapus
  26. 12 jam harus kutempuh perjalanan dengan kereta, kapal lau dan kapal udara. baru bisa tiba di kampung halaman

    BalasHapus
  27. Pulang kampung ?

    Oh mengingatkan kampung ku 7 tahun tak tahu lagi seperti apa rupa kampungku hik

    BalasHapus
  28. kata katanya luar biasa. hehe.
    sedikit, tapi bermakna.

    BalasHapus
  29. kenapa magisnya terasa, memaksa aku untuk lekat menatap,mengais dalam kedangkalan renungku

    BalasHapus
  30. blognya bagus..salam kenal yah

    BalasHapus
  31. enak ya punya kampung halaman. nah, daku kan lahir dan besar di Jkt, gak punya kampung halaman. punyanya kota halaman. hiks...sedih..

    BalasHapus